Seleksi Capas Sangihe Tahun 2022 Resmi Dibuka

  • Bagikan

Sekkab Melanchton Harry Wolff saat melakukan penyematan tanda peserta capas kepada perwakilan siswa dan siswi

JAGOSATU.COM—Seleksi Calon Paskibraka (Capas) Kabupaten Kepulauan Sangihe resmi dibuka, Selasa (29/3) di aula sanggar kegiatan belajar (SKB) Tahuna. 

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari yakni 29-30 Maret 2022 ini dibuka Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sangihe Melanchton Harry Wolff. 

Dalam sambutan bupati yang dibacakan Sekkab, Pemerintah Kabupaten Sangihe sangat mengapresiasi pelaksanaan seleksi capas Tahun 2022 ini. 

“Ini merupakan bukti esensi dari putra-putri terbaik Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam berkiprah dengan prestasi di bidang pendidikan dan kepemudaan. Yang berdampak positif bagi kemajuan daerah, dan dapat menjadi kebanggaan keluarga mereka sendiri,” jelasnya. 

Sekkab pun meminta kepada para tim seleksi capas Tahun 2022 dapat benar-benar menjalankan tugasnya. Agar nantinya dapat memilih putra-putri terbaik yang dapat mewakili Sangihe di kancah provinsi dan nasional. 

“Saya berharap kepada tim seleksi calon Paskibraka dapat selektif, agar nantinya dapat memilih para putra-putri Sangihe yang dapat bersaing dengan para paskibraka-paskibraka daerah lainnya, di tingkat provinsi dan nasional,” pungkas Wolff. 

Sementara itu Kadispora Daerah Sangihe Ernest Unas menjelaskan, para siswa-siswi yang ikut dalam seleksi tersebut sudah divaksinasi. 

“Untuk tim penyeleksi panitia mempercayakan kepada unsur TNI dibantu oleh unsur Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Kepulauan Sangihe, serta petugas dari dinas Kesehatan,” jelas Unas.

Terpisah, Salah Satu Pelatih dari PPI Kabupaten Sangihe Ronny Jaya Pasiale menjelaskan, seleksi capas tahun 2022 ini diikuti 42 orang siswa SMA/SMK sedejarat Se-Kabupaten Kepulauan Sangihe, terdiri dari 21 orang pria dan 21 orang wanita.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk seleksi capas ini, meski waktu hanya dua hari. Dan kami berharap, untuk tahun depan waktu seleksi capas bisa ditambah menjadi 3 atau 4 hari,” ungkap Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sangihe ini.

Nantinya tambah dia, dari seleksi ini akan terpilih 30 orang yang terdiri dari 15 orang putra dan 15 orang putri yang nantinya akan menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Sangihe tahun 2022, selain 1 putra dan 1 putri yang akan di utus untuk mengikuti seleksi capas di tingkat Provinsi. 

“Adapun kriteria penting dalam capas tentunya sehat jasmani dan rohani, tinggi badan dan berat badan ideal serta proporsional juga bisa dan paham terkait peraturan baris berbaris,” pungkas Pasiale. (nhy)

  • Bagikan