PM Jepang Melihat Peluang Besar Rusia Pakai Senjata Nuklir

  • Bagikan
Fumio Kishida (Istimewa)

JAGOSATU.COM – Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida mengatakan prospek Rusia menggunakan senjata nuklir semakin nyata. Hal ini terlihat saat menyambut kunjungan duta besar Amerika Serikat ke Hiroshima, kota pertama yang mengalami serangan nuklir.

Jepang, satu-satunya negara yang diserang oleh senjata atom, secara teratur berbicara menentang persenjataan nuklir. Kishida, yang mewakili Hiroshima di parlemen, mengunjungi monumen dan museum perdamaian kota itu pada Sabtu dengan utusan Rahm Emanuel.

“Ketika kemungkinan penggunaan senjata nuklir oleh Rusia semakin nyata, saya percaya kunjungan duta besar Emanuel ke Hiroshima dan pengalamannya melihat realitas nuklir akan menjadi pesan yang kuat bagi masyarakat internasional,” kata Kishida kepada penyiar publik NHK.

“Saya yakin kunjungan kami sangat berarti,” jelasnya.

Putin tidak secara langsung mengancam serangan nuklir. Namun dia memperingatkan bahwa siapa pun yang menghalangi Rusia akan menghadapi “konsekuensi yang belum pernah Anda temui dalam sejarah Anda” – sebuah pernyataan yang oleh beberapa pemimpin dianggap sebagai ancaman untuk menggunakan senjata nuklir.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada hari Selasa bahwa Rusia akan menggunakan senjata nuklir hanya untuk melawan “ancaman eksistensial bagi negara kita”. (tkg)

  • Bagikan