TRAGIS! Belum Sempat Ikut Perang, 180 Tentara Asing Pembela Ukraina Tewas Kena Rudal

  • Bagikan
Petugas polisi Ukraina memeriksa sisa-sisa rudal yang jatuh di jalan, setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengizinkan operasi militer di Ukraina timur, di Kiev, Ukraina, 24 Februari 2022. (ANTARA/Reuters/Valentyn Ogirenko/as)

JAGOSATU.COM – Tragis! Sebanyak 30 rudal jelajah militer Rusia menghancurkan pangkalan Yavoriv yang menjadi lokasi pelatihan tentara asing Ukraina.

Rusia mengklaim sebanyak 180 tentara asing Ukraina tewas dalam serangan tersebut.

Pangkalan Yavoriv yang hanya berjarak enam mil dari perbatasan Polandia hancur akibat serangan rudal Rusia pada Minggu dini hari (13/3).

Dilansir Mirror, kepala intelijen percaya ada mata-mata Rusia yang memberikan informasi dari pangkalan Yavoriv.

Mata-mata Rusia itu diduga menyusup menjadi tentara asing Ukraina. Ia bergabung dengan pasukan asing yang sedang dilatih di pangkalan Yavoriv.

Para pejabat sedang menyelidiki apakah ‘orang dalam’ yang mengaku sebagai rekrutan asing untuk Ukraina justru bekerja sebagai mata-mata Rusia di pangkalan Yavoriv.

The Daily Mirror melaporkan badan intelijen Ukraina dan barat percaya bahwa badan mata-mata GRU dan SVR Rusia telah “mengubah” pejuang asing di pangkalan Yavoriv.

Salah satu dari 1.500 tentara asing di Yavoriv yang diduga berperang untuk Ukraina melawan Rusia, diduga mengirimkan koordinat dan informasi penting ke Rusia.

  • Bagikan