Migor Terancam Langkah, Disperindag Sangihe Ajak Masyarakat Berdayakan ‘Lanang Bango’

  • Bagikan

JAGOSATU.COM—Naiknya harga minyak goreng (migor) dan bahkan terancam langkah, menjadi masalah nasional yang saat ini menjadi tranding topic. Terkait hal ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) berupaya fokus terhadap ketersediaan stok migor.

Kadis Perindag Abdul Rifai Mahdang mengatakan, saat ini Disperindag Sangihe tetap menjaga ketersediaan stok minyak kelapa di Sangihe dengan harga yang tidak merugikan ataupun menguntungkan siapapun dibanding dengan harga yang ada di Kabupaten Kota lain.

“Saat ini harga minyak goreng di supermarket yang ada di Sangihe Rp 20.000 perliter. Dan bersyukur saat ini masih ada ketersediaan migor di Sangihe,” kata Mahdang.

Sehingga sebagai langkah antisipasi mencegah kelangkaan migor, Kadis pun mengajak masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe memberdayakan Lanang Bango atau minyak kelapa lokal sebagai migor untuk dipakai sehari-hari. Mengingat Lanang Bango ini merupakan salah satu program pemerintah daerah sejak tahun 2019 lalu.

“Masyarakat Sangihe apalagi yang ada di Kampung, pasti tau cara membuat Lanang Bango baik secara manual atapun menggunakan mesin, untuk dipakai sehari-hari. Sehingga tidak terlalu bergantung pada migor jika nanti terjadi kelangkaan,” jelas Kadis yang baru ini.

Dan kedepannya lanjut Mahdang, pihaknya akan segera mengusulkan bantuan alat pengolahan minyak kelapa ke pemerintah pusat untuk dibagikan ke kelompok-kelompok usaha. Karena saat ini ada satu kelompok usaha di Kampung Utaurano Kecamatan Tabukan Utara yang masih aktif membuat Lanang Bango serta ada juga masyarakat mandiri yang membuat Lanang Bango untuk dijual ke pasar.

“Dan memang tahun lalu ada bantuan alat pengolahan minyak kelapa dari pemerintah pusat namun disalurkan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Sangihe. Dan Disperindag sendiri belum ada bantuan tersebut, sehingga kami akan mengusulkannya,” kata Mahdang. (nhy)

  • Bagikan