Status Wajib Vaksin dan Pemakaian Masker Sudah Tidak Wajib Lagi di Prancis

  • Bagikan
Prancis memilih untuk berdamai dengan Covid-19 (Istimewa)

JAGOSATU.COM – Prancis bakal segera mencabut aturan terkait pandemi Covid-19. Dilansir The Guardian, status wajib vaksin lengkap untuk memasuki tempat-tempat publik seperti bioskop, restoran, café dan lain sebagainya kini tidak berlaku lagi.

Penduduk juga bisa ke mana saja tanpa perlu menunjukkan status vaksinasinya. Kartu vaksin yang diterapkan sejak Juli tahun lalu itu berhasil membantu mendongkrak angka vaksinasi di Prancis.

Saat ini Prancis masuk dalam jajaran negara di Eropa dengan persentase vaksinasi tertinggi. Lebih dari 90 persen penduduknya sudah divaksin. Karena itulah tanda bukti vaksin dirasa tidak diperlukan lagi.

Kemarin Prancis juga menggulirkan program booster kedua atau dosis keempat untuk lansia 80 tahun ke atas. Masker juga bukan lagi hal wajib. Siswa yang berusia 6 tahun ke atas tidak perlu lagi memakai masker saat di ruang kelas.

Itu adalah pertama kalinya sejak September 2020 siswa bisa bebas dari masker. Pemakaian masker juga tidak lagi wajib di toko, area pelayanan publik maupun tempat kerja. Penggunaan masker hanya diwajibkan di transportasi umum, rumah sakit serta saat mengunjungi lansia di panti jompo. (Jawa Pos)

  • Bagikan