Orang Kaya Rusia Kena Imbas, Kapal Pesiar Senilai 2 Triliun Disita, Sekutu Presiden Vladimir Putin

  • Bagikan
Kapal pesiar mewah Valerie, yang diduga milik kepala konglomerat Rusia Rostec, Sergei Chemezov, terlihat di Pelabuhan Barcelona, Spanyol, 9 Maret 2022. (ANTARA/Reuters/Albert Gea/as)

JAGOSATU.COM – Spanyol telah menyita sementara sebuah kapal pesiar senilai 140 juta dolar AS (sekitar Rp2 triliun) milik orang kaya Rusia di Barcelona, kata pemerintah negara itu pada Senin (14/3).

Dua orang narasumber mengatakan bahwa kapal itu dimiliki bos konglomerat Rusia Rostec yang juga sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Hari ini kami menyita–istilah teknisnya melumpuhkan untuk sementara–kapal pesiar milik salah seorang anggota utama oligarki (Rusia),” kata Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez di televisi La Sexta.

“Kita berbicara tentang kapal pesiar yang kami perkirakan bernilai 140 juta dolar,” ujar Sanchez.

“Akan ada lebih banyak (kapal yang disita),” kata dia tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Situs Marine Traffic menyebutkan bahwa kapal pesiar yang terkait dengan dua anggota oligarki Rusia lain yang belum dikenai sanksi juga berlabuh di Barcelona.

Menurut situs pemantauan lalu lintas laut itu, kapal pesiar yang disita itu telah berada di Barcelona sejak 9 Februari, dan sampai Senin (14/3) masih dalam perbaikan di galangan kapal Barcelona MB92.

  • Bagikan