Kasus Kriminal di Sulut Perlu Diseriusi, Semua Pihak Harus Gotong Royong Mencegah

  • Bagikan
Fabian Kaloh

JAGOSATU.COM- Kasus kriminal di Sulut belakangan ini menjadi perhatian publik. DPRD Sulut pun menganggap ini perlu disikapi serius.

Anggota Komisi 1 DPRD Sulut, Fabian Kaloh mengatakan bahwa tugas dan tanggungjawab semua pihak untuk menekan angka kriminal di Sulut.

“Pemerintah termasuk DPRD, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama dan semua komponen anak bangsa harus bergotong royong mencegah terjadinya kriminal di tengah masyarakat,” kata Kaloh, Kamis (10/3).

Hal ini menurutnya perlu kerja sama carikan solusinya, apa penyebabnya, faktor pemicunya, dan bagaimana alternatif pemecahan akar masalahnya.

“Saya juga selaku Ketua FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) Sulut bersama dengan anggota forum sedang membuat kajian komprehensif sebagai solusi menekan angka kriminalitas,” tandasnya.

Untuk sementara, lanjutnya, adalah peran orang tua dan tokoh masyarakat serta tokoh agama. Sebab, pemahaman yang tinggi akan nilai kemanusiaan menjadi hal penting pertama.

“Tapi juga situasi dan kondisi lingkungan sekitar sangat signifikan pengaruhnya,” ucapnya.

Niat dan kesempatan adalah penyebabnya. Karena itu, kata dia, nilai-nilai spiritualitas dan kesempatan yang berhubungan dengan fasilitas atau ketersediaan kesempatan dalam kehidupan sosial adalah sebab faktor penyebabnya.

“Jika generasi muda punya spiritualitas yang tinggi dan waktunya terisi dengan kegiatan positif/produktif, saya yakin tidak akan terjadi kriminal,” pungkasnya. (ando)

  • Bagikan