Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw Diganjar Tokoh Sahabat Pers

  • Bagikan
Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (ODSK).

JAGOSATU.COM— Pasangan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK), saat ini diganjar penghargaan tokoh sahabat pers. Penghargaan tersebut diberikan usai pleno pengurus harian Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dilakukan.

Rapat pleno yang berlangsung di Kantor PWI Pusat, di Jalan Kebon Siri, Jakarta Pusat, dipimpin langsung Ketua Umum PWI Pusat, Atal Depari bersama Sekretaris Jenderal PWI Pusat Mirza Zulhadi.

Ketum PWI Pusat Atal Depari menegaskan, PWI layak memberikan penghargaan kepada para Kepala daerah (Kada) di provinsi. “Tentu hal itu ada penilaian parameternya, bukan diberikan begitu saja. Misalnya, kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. Atas usulan PWI Sulut sesuai surat yang masuk, lalu diplenokan pengurus PWI Pusat. Setelah dibahas, usulan pemberian penghargaan buat Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, disetujui,” tuturnya.

Atal mengatakan bahwa, pengharapan tersebut bentuknya, hampir mirip dengan penghargaan yang diberikan PWI kepada Presiden RI Joko Widodo, medali kebebasan pers. Menurut Atal, penghargaan buat Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, redaksinya sebagai tokoh sahabat pers. Sebab, kedua pejabat ini sangat bersinergi dengan wartawan di daerah, apalagi ditengah pandemik Covid – 19. Dan pers di Sulut, mendapatkan perlindungan dan kebebasan yang seluas-luasnya.

Bahkan pembinaan dan sinergitas antara pemerintah dan pers menurut Atal, berjalan baik. “Tentu tidak semua gubernur dan wakil gubernur di semua provinsi mendapat  penghargaan seperti ini. Soal penyerahan penghargaan kita sesuaikan dengan waktu gubernur dan wakil Gubernur yang pelaksanaannya di Manado. Bagaimana bentuk penghargaan ini kita lihat saja nanti. Yang pasti penghargaan yang diberikan PWI kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, sudah melalui kajian, evaluasi dan penjajakan pendapat. Dan semua itu layak,” bebernya.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengatakan bahwa, sampai saat ini Pemprov Sulut melakukan sinergitas yang baik dengan insan pers. “Bahkan kita memiliki waktu rutin untuk sekedar berkumpul dan mendengar hasil evaluasi setiap wartawan. Kita sering memberikan masukan, teguran hingga ide dalam membangun daerah. Kalau tanpa insan pers, saya pikir akan sangat sulit membangun Sulut. Bahkan dengan sinergitas yang baik, banyak program capaian Pemprov berhasil tersosialisasikan. Tingkat kepercayaan masyarakat juga meningkatkan. Ini berkat sinergitas dengan pers,” kuncinya. (ewa/gel)

  • Bagikan