Pemeriksaan BPK, Wawali Manado Pinta Jajarannya Proaktif dan Koordinatif

  • Bagikan
KOORDINASI: Richard Sualang pada rapat koordinasi dalam rangka pemeriksaan BPK. Dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Manado, Senin (7/3). foto: istimewa

JAGOSATU.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) menggelar rapat koordinasi dan evaluasi.  Hal ini sehubungan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan  (BPK), percepatan pelaksanaan Monitoring Centre of Prevention (MCP)-KPK dan penandatangan internal audit charter. Dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kantor Pemerintah Kota Manado. (Senin,7/03/2022)

Wakil Wali Kota (Wawali) dr Richard Sualang meminta semua kepala perangkat daerah dan  jajaran, supaya koordinatif dan proaktif dalam rangka pemeriksaan BPK-RI. “Tindaklanjuti dan selesaikan catatan-catatan dari Inspektorat dan BPK-RI, terkait laporan keuangan masing-masing perangkat daerah,” pinta Sualang.

Sualang juga mengingatkan, semua jajaran harus fokus dalam  pemeriksaan rutin. Karena jika tidak, maka akan kecolongan. Dikatakan Sualang, ada beberapa hal dalam bentuk keterbukaan yang disampaikan pihak BPK dalam hal koordinasi dan komunikasi ini. “Bahwa kita masih berada pada keadaan yang masih baik. Belum ada hal-hal yang bisa membahayakan, tapi kita harus lebih sigap jangan sampai terjadi sesuatu,” kata Sualang. 

Sualang menambahkan, dalam pemeriksaan kelengkapan dokumen sangat penting, walaupun saat ini secara keseluruhan dalam keadaan baik. Akan tetapi  harus lebih diseriusi lagi. “Dan saya percaya seluruh jajaran Pemerintah Kota Manado bisa turut mengawasi, satu visi, bergerak bersama, bersatu padu dalam hal koordinasi. Agar bisa terjalin kerjasama ketika ada kendala bisa diselesaikan bersama,” ucap Sualang. 

Adapun informasi yang diperoleh, KPK memiliki aplikasi MCP. Yang merupakan bentuk implementasi mitigasi atas resiko korupsi, melalui pemantauan perbaikan dalam tujuh area rawan korupsi dan satu area penguatan institusi.  Pada rapat koordinasi juga dilakukan Penandatangan Perjanjian Kinerja Pemerintah Kota Manado. (gre)

  • Bagikan