10 LPM Siap Action, Bantu Ketersediaan Pangan Untuk Wilayah Rawan Pangan di Sangihe

  • Bagikan

Lumbung Pangan Masyarakat di Kampung Lipang Kecamatan Kendahe

JAGOSATU.COM—Pasca pembangunan pada Juli 2021 lalu, kini 10 Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) yang tersebar di setiap Kecamatan sudah bisa digunakan. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pangan Daerah Sangihe Ir Reintje Tamboto saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Rabu (2/3/2022).

Dia membeberkan, 10 LPM yang baru tersebut berada di Kampung Hangke Kecamatan Tabukan Selatan Tengah, Kampung Manumpitaeng Kecamatan Manganitu, Kampung Naha Kecamatan Tabukan Utara, Kampung Kalagheng Kecamatan Tabukan Selatan, Kampung Matutuang Kecamatan Kepulauan Marore, Kampung Nanedakele Kecamatan Nusa Tabukan, Kampung Kuma Kecamatan Tabukan Tengah, Kampung Pindang Kecamatan Manganitu Selatan, Kampung Lipang Kecamatan Kendahe dan Kampung Dalokaweng Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara.

“Jadi pembangunan 10 LPM ini sudah selesai dan telah dilakukan pemeriksaan oleh BPK dan semuanya baik,” kata Tamboto. 

Dengan adanya 10 LPM yang baru ini lanjut Kadis, dapat mendukung pencapaian ketersediaan akses pangan dan kualitas pangan serta peningkatan nilai tambah dan industrialisasi di wilayah rentan rawan pangan. Serta untuk memberdayakan masyarakat dalam pembangunan ketahanan pangan.

“LPM ini nantinya akan dikelola oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) untuk pencapaian ketersediaan pangan di wilayah rawan pangan terutama beras. Namun tidak menutup kemungkinan jika ada pangan lain di LPM seperti minyak goreng,” jelas Tamboto. 

Dan dalam rangka pemberdayaan Gapoktan, tambah Kadis, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pangan telah menyuplai beras 500 kilogram di masing-masing LPM yang baru. Menurutnya, kegiatan suplai tersebut hanya akan dilakukan setahun sekali oleh Pemkab. Dan selebihnya sudah usaha dari Gapoktan di bawah naungan Pemerintah Kampung. Sehingga diharapkan adanya sinergitas antara Pemerintah Kampung dan Gapoktan. 

“Untuk LPM yang baru tersebut, Gapoktan datang ke Dinas Pangan dan dinas memfasilitasi pengisian lumbung pangan dengan 500kg beras untuk setiap LPM. Namun hanya setahun sekali, terkecuali ada emegency,” pungkas Mantan Kepala DKP Daerah Sangihe ini. (nhy)

  • Bagikan