Wah! Menikah di Wilayah Ini, Diberi Hadiah Rp 32 Juta

  • Bagikan
Ilustrasi menikah (Istimewa)

JAGOSATU.COM – In Lazio with Love. Sepenggal kalimat itu menjadi tagline program baru pemerintah Lazio, Italia. Sesuai namanya yang berhubungan dengan cinta, program tersebut dikhususkan untuk pasangan yang mau menikah.

Wilayah administratif yang terletak di Italia Tengah itu bakal memberikan hadiah senilai EUR 2 ribu atau setara dengan Rp 32,1 juta bagi siapa pun yang menikah di Lazio. Baik itu warga Italia maupun turis asing.

”Skema ini dibutuhkan untuk mendukung sektor yang sangat terdampak dari krisis ekonomi,” ujar Presiden Lazio (setara gubernur, Red) Nicola Zingaretti seperti dikutip The Guardian.

Program tersebut berlaku mulai 1 Januari hingga 31 Desember 2022. Pemerintah Lazio mengalokasikan EUR 10 juta (Rp 160,5 miliar) khusus untuk program itu. Syaratnya adalah pernikahannya secara resmi masuk di catatan sipil Lazio. Acara resepsinya boleh di Roma, pantai di penjuru Lazio, atau daerah lainnya.

Mereka yang ingin mendapat kado pernikahan dari pemerintah Lazio tersebut harus menyerahkan maksimal lima struk biaya pernikahan mereka. Mulai biaya sewa mobil dan fotografer, perencana pernikahan, baju nikah, lokasi pernikahan, hingga katering dan sebagainya.

Jika pengajuan diterima, uang yang dijanjikan pemerintah bakal segera cair. Pengajuan bisa dilakukan seusai pesta pernikahan. Pencairan maksimal hingga akhir Januari 2023 atau hingga anggaran yang disediakan pemerintah habis.

Sebelum pandemi, Lazio memang merupakan destinasi pasangan yang ingin menikah. Selama pandemi, hanya ada 9 ribuan pasangan yang menikah di Lazio. Padahal, sepanjang 2019, ada 15 ribu pasangan yang mengikat janji suci di wilayah tersebut. Salah satu pasangan selebriti yang menikah di Lazio adalah Tom Cruise dan Katie Holmes. Pasangan yang telah bercerai itu menikah di Kastil Orsini-Odescalchi, Bracciano, pada 2006.

”Seluruh rantai bisnis pernikahan telah menderita secara ekonomi selama dua tahun terakhir,” ujar Dewan Wisata Lazio Valentina Corrado. Dengan adanya program terbaru ini, diharapkan bukan hanya jumlah pasangan menikah yang naik, tapi juga sektor pariwisata. (Jawa Pos)

  • Bagikan