Pdt Senduk Roeroe Tularkan Ilmu Toleransi Kota Tomohon di Provinsi Bali

  • Bagikan
TOKOH KERUKUNAN: Ketua FKUB Kota Tomohon Pdt Senduk GA Roeroe tularkan ilmu toleransi di hadapan sejumlah perwakilan dari FKUB Provinsi Bali dan Komponen Masyarakat Kabupaten Klungkung di Puri Denbencingah Kota Semarapura, Klungkung Bali, (24/02/22).

JAGOSATU.COM – Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Tomohon Pdt Senduk GA Roeroe tularkan ilmu toleransi di hadapan sejumlah perwakilan dari FKUB Provinsi Bali dan Komponen Masyarakat Kabupaten Klungkung di Puri Denbencingah Kota Semarapura, Klungkung Bali, (24/02/22).

Pdt Roeroe barsama Wali Kota Tomohon Caroll JA Senduk didampingi Ketua FKUB Provinsi Bali yang juga Ketua Asosiasi FKUB Indonesia Ida Panglingsir Agung Putra Sukahet memaparkan kerukunan di Kota Tomohon.

Pdt Roeroe yang saat ini disebut-sebut mendapat dukungan dari sejumlah jemaat GMIM untuk dinominasikan sebagai Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM  mengatakan, Kota Tomohon yang mayoritas masyarakatnya beragama Kristen, hidup rukun bersama masyarakat lain yang beragama Islam, Buddha, Hindu dan Konghucu.

Hal ini dilatarbelakangi oleh ajaran Tuhan Yesus yang mengajarkan cinta kasih, sebagaimana yang tertullis di Injil Matius 22:39, Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. “Dan masyarakat Kota Tomohon mempunyai falsafah hidup-lokal wisdom Maleo-leosan, Maesa-esaan, Masawang-sawangan, yang artinya saling mengasihi, hidup dalam kebersamaan dan saling.membantu. Dengan kehidupan masyarakat seperti itu, maka Kota Tomohon ditetapkan sebagai Kota Toleransi se Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Tomohon Caroll JA Senduk mengatakan, Pemerintah Kota Tomohon sangat concern dengan kerukunan umat beragama di Kota Tomohon, salah satu misi Pemerintah Kota Tomohon menjaga dan melestarikan Kota Tomohon sebagai Kota Religius. “Menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Kota Tomohon saat ini, memberikan santunan kepada para rohaniawan, dana hibah di setiap rumah ibadah dan FKUB,” ujar Senduk.

Lanjutnya, kerukunan sangat diprioritaskan di Kota Tomohon, bahkan di Sulawesi Utara. Hal ini digambarkan dengan slogan Pemerintah Sulawesi Utara melalui Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, ‘Torang Samua Ciptaan Tuhan’. (*)

  • Bagikan