KM Bahari Bantuan Pemerintah Pusat untuk KEK Likupang Tiba

  • Bagikan

JAGOSATU.COM— Pemerintah pusat memberikan perhatian lebih untuk daerah Sulawesi Utara khususnya wilayah Kawasan Ekonomi Khusus Destinasi Pariwisata Super Prioritas Likupang.

Berbagai sektor di daerah ini terus ditunjang. Hal itu dibuktikan dengan pemberian hibah sarana penunjang dua unit transportasi wisata laut yakni KM Nirmala Bahari I dan KM Nirmala Bahari II oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan RI.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Likupang M Qowi mengatakan, KM Nirmala Bahari I dan II nantinya dimanfaatkan Pemerintah daerah sebagai sarana transportasi laut melayani wisatawan yang akan mengunjungi pulau – pulau destinasi wisata di daerah ini

”Ada dua unit kapal bantuan pemerintah pusat kepada kepada pemerintah Provinsi dan Kabupaten Minahasa Utara yakni KM Nirmala Bahari I yang telah telah tiba sejak Jumat pekan lalu kemudian satu unit lainnya yakni Nirmala II akan menyusul awal Maret nanti,” ungkap Qowi Sabtu, (26/2/22), kepada wartawan disela – sela kegiatan Joy Sailing sekaligus uji coba KM Nirmala I mengelilingi pantai sepanjang pelabuhan dermaga Pelabuhan III Likupang.

Dikatakannya, Dirjen Perhubungan Laut melalui Direktorat Angkutan Laut membangun empat kapal jenis bottom glass untuk menunjang KEK Pariwisata Super Prioritas dimana dua unit ditempatkan di Labuan Bajo dan dua unit lainnya di Sulawesi Utara yakni KM Nirmala I dan KM Nirmala II.

”Dua unit ini nantinya akan ditempatkan di Likupang dan Pulau Bunaken untuk mendukung pariwisata di wilayah tersebut,” terangnya

Lanjutnya, ada interval waktu selama tiga bulan dalam melakukan proses penyelesaian dokumen hibah kemudian nantinya akan diserahkan secara penuh kepada Pemda.

”Tiga bulan ini dititip ke kami sambil proses dokumen hibah antara Kementerian dan pemerintah daerah, kalau sudah selesai proses hibahnya, silahkan Pemerintah Propinsi dan Kabupaten memanfaatkan kapal tersebut,” terang Qowi menambahkan.

Disisi lain terkait pembangunan sejumlah sarana penunjang pariwisata di Pelabuhan III Likupang seperti terminal wisata dan penambahan  dermaga baru, dirinya optimis tahun 2023 semua bisa tuntas dikerjakan

“Semua pembangunan sarana penunjang pelabuhan maupun kapal botten glass semata – mata adalah untuk mendukung DPSP Likupang di Sulawesi Utara. Khusus pembangunan sarana penunjang pelabuhan III Likupang kami targetkan tuntas tahun 2023,” pungkas Qowi.

Dalam kegiatan Joy Sailing tersebut ikut dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulut, Dinas Pariwisata Sulut, Dinas Perhubungan  Minahasa Utara, Dinas Pariwisata Minahasa Utara, BUMD Minahasa Utara PUD Klabat Pemerintah Desa Munte serta perwakilan PT. Dumas Tanjung Perak Shipyards.(dayke)

  • Bagikan