Reaksi Tiongkok Setelah Rusia Lancarkan Serangan ke Ukraina

  • Bagikan
Ilustrasi. (AP Photo)

JAGOSATU.COM–Pemerintah Tiongkok mengingatkan warga negaranya di Ukraina agar tidak keluar rumah di tengah situasi mencekam setelah negara itu diinvasi oleh Rusia, dikutip dari ANTARA.

“Jika terjadi kekacauan dan situasi tidak terkendali, terutama jika ada kerusuhan serius di kota, keluar ke jalan bisa menjadi sasaran serangan dan lalu lintas bisa diblokir. Oleh sebab itu, yang terbaik adalah tinggal di dalam rumah dan menjauh dari jendela dan kaca agar tidak mengalami luka-luka,” demikian peringatan Kedutaan Besar Tiongkok di Ukraina, Kamis (24/2).

Kedutaan juga meminta warga dan pelaku usaha asal Tiongkok untuk tetap tenang dan memastikan keselamatannya.

Jika melakukan perjalanan jauh, kedutaan mengingatkan agar warga memastikan ketersediaan stasiun pengisian bahan bakar untuk kendaraan mereka di sepanjang rute perjalanan.

Kedutaan terus memantau perkembangan situasi di Ukraina. Ledakan terjadi di berbagai kota di Ukraina setelah Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan operasi militer di Ukraina timur pada Kamis.

Duta Besar Tiongkok untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Zhang Jun menyerukan semua pihak yang terlibat dalam krisis Ukraina menahan diri guna menghindari eskalasi krisis lebih lanjut.

“China percaya pintu untuk mencari jalan damai bagi Ukraina masih belum sepenuhnya tertutup. Untuk menghindari konflik lebih lanjut Tiongkok akan terus mendorong pembicaraan damai,” ujarnya dikutip media Tiongkok.

Menurut dia, konflik di Ukraina memiliki catatan sejarah yang rumit dan perkembangan situasi yang terjadi merupakan dampak dari berbagai faktor yang sangat kompleks.(Jawapos)

  • Bagikan