KABAR BAIK dari Presiden Jokowi, Revisi Aturan JHT, DPR Bilang Harusnya..

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo (Istimewa)

JAGOSATU.COM – Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay memuji langkah Presiden Jokowi yang akan merevisi aturan Jamin Hari Tua (JHT).

Tak hanya direvisi, Saleh juga berharap agar Permenkar No.2 Tahun 2022 itu bisa dicabut. “Kita apresiasi Presiden Jokowi, kita juga berharap pak Jokowi cabut Permenaker tersebut,” kata Saleh kepada wartawan, Selasa (22/2/2022).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menduga Presiden Jokowi merevisi JHT tersebut karena tidak mau berpolemik. “Seperti biasanya, presiden langsung tanggap. Presiden kelihatannya tidak mau berpolemik soal JHT ini,” ucapnya.

Karena itu, Kementerian Tenaga Kerja diharapkan dapat segera merevisi Permenkar No. 2/2022 tersebut.

Hal ini perlu segera dilakukan agar ada kepastian hukum dalam pengelolaan dana JHT.

Selain itu, tentu untuk melaksanakan arahan presiden agar pencairan dana JHT dipermudah. “Permenaker harus segera dicabut. Kalau tidak, dia akan berlaku efektif. Ini tentu tidak sesuai dengan harapan banyak pihak,” tandas Saleh.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno menyatakan bahwa Presiden Jokowi telah memerintahkan menterinya untuk merevisi aturan JHT tersebut.

Ia meminta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Kemudian, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah untuk mempermudah atau menyederhanakan pencairan JHT.

Permintaan itu disampaikan presiden agar masyarakat atau pekerja bisa mengambil dana JHT di masa-masa sulit, contohnya ketika menghadapi PHK.

“Bapak Presiden sudah memerintahkan agar tata cara dan persyaratan pembayaran JHT itu disederhanakan,” ujar Pratikno.

“Dipermudah agar dana JHT itu bisa diambil oleh individu pekerja, yang sedang mengalami masa-masa sulit sekarang ini, terutama yang sedang menghadapi PHK,” sambungnya.(pojoksatu)

  • Bagikan