Direktorat KPLP Gelar Pelatihan Boarding Officer, Dukung Program G.20

  • Bagikan
Pelatihan peningkatan dan keterampilan Boarding Officer.(Istimewa)

JAGOSATU.COM – Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, melaksanakan kegiatan peningkatan keterampilan Boarding Officer KPLP, di Hotel Aston Manado.
Pembukaan kegiatan tersebut,
dilaksanakan Senin (14/2/2022), dihadiri oleh beberapa Kepala UPT Perhubungan Laut yang ada di Sulawesi Utara. Seperti Kepala KSOP Kelas II Bitung, Kepala KSOP Kelas III Manado dan perwakilan Kepala Pangkalan PLP
Kelas II Bitung, yang merupakan Pangkalan KPLP terdekat dari lokasi kegiatan dan juga sebagai salah satu PPLP yang memiliki perlengkapan pelatihan boarding officer dari lima PPLP di seluruh Indonesia.
Kepala Subdit Patroli dan Pengamanan Direktorat KPLP Capt Ramadhan Hari Harahap membuka kegiatan tersebut menyampaikan, agar seluruh peserta dapat mengikuti semua yang dijadwalkan oleh panitia dengan baik, dan tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19. Dan sebagai langkah pencegahan penyebaran Civid-19 baik peserta dan panitia diwajibkan untuk rapid test antigen sebagai salah satu syarat mengikuti kegiatan ini.
Saat kegiatan penutupan pelatihan, Harahap peserta yang ikut adalah 24 anggota terdiri dari tujuh unit pelaksana teknis perhubungan laut wilayah Sulut, yang masing-masing mengirimkan dua orang anggota dan lima PPLP yang masing-masing mengirimkan tiga orang anggota. Untuk PPLP Kelas II Bitung selain mengikut sertakan tiga orang anggota untuk menjadi peserta, juga mengirim tiga orang anggota lainnya sebagai instruktur pada pelatihan ini,” jelas Harahap, Jumat (18/2/2022).
Lanjutnya, selain Hotel Aston Manado yang merupakan lokasi kegiatan utama, juga telah dilaksanakan kegiatan praktek atau drill exercise di laut tepatnya di sekitar pantai Likupang sehari sebelum kegiatan penutupan, dengan menggunakan Kapal Negara milik Pangkalan PLP Kelas II Bitung KN. Gandiwa – P.118 dan KN-P.331 yang sejak hari Senin 14 Februari 2022 sudah standby di Pelabuhan Munte Likupang.
Direktur KPLP Capt Weku Federik setelah upacara penutupan
pelatihan menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka menjalankan keselamatan dan keamanan pelayaran serta meningkatkan penguasaan peraturan Peraturan Internasional (IMO, SOLAS,MARPOL, SCTW) dan amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.
“Dan kegiatan ini juga merupakan dukungan pemerintah dalam kegiatan program G.20, dan fokus Perhubungan Laut dalam
rangka mensukseskan tujuan prioritas utama wisata Indonesia,” kata Weku.
Selain itu, Direktur KPLP menambahkan kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari ini terlaksana dengan baik dan sukses meskipun ini
merupakan kali pertama kegiatan Pelatihan Boarding Officer dilaksanakan di Sulawesi. “Dan dengan suksesnya kegiatan kali ini mungkin kedepannya Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan melaksanakan kegiatan pelatihan lainnya di Sulawesi Utara ini,” pungkasnya.(tr-01)

  • Bagikan