Ornamen Imlek Hiasi Gereja Katolik Santo Ignatius Manado

  • Bagikan
Ornamen Imlek berkonsep tahun macan air menghiasi depan Gereja Santo Ignatius Manado.(Istimewa)

JAGOSATU.COM – Toleransi di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) sangat kuat.
Buktinya, ornamen Imlek menghiasi bagian depan Gereja Santo Ignatius Manado.
Bahkan terpantau, ornamen tersebut cocok dengan Imlek tahun 2022 sebagai tahun macan air.
Di bagian tengah, ada replika seekor macan dan di sisi kiri dan kanan ada sejumlah boneka macan. Di pepohonan depan gereja juga tergantung lampion warna merah, sangat kental dengan nuansa Imlek.
Tim dekorator yang membuat ornamen Imlek di gereja tersebut, saat diwawancarai menjelaskan, butuh waktu satu minggu dalam membuat ornamen tersebut.
Ketua Sanggar Seni Toar Lumimuut (ToLu) Ibrahim Ray Luntungan mengatakan, bahan dasarnya adalah styrofoam yang kemudian diukir, sampai membentuk sesuai yang dipesan.
“Bahan dasarnya, styrofoam kemudian dibentuk, dicat sesuai dengan pesanan,” kata Luntungan didampingi dekorator senior Frangky Sampouw, yang turut mendekorasi PON Papua tahun lalu.
Untuk ornamen yang dibuat lanjutnya, hanya macan sesaui dengan tahun Imlek yaitu macan. “Untuk lainnya tidak, karena berbeda dengan pengalaman kami jika mendekorasi Klenteng seperti tahun-tahun sebelumnya, apapun shio pada tahun Imlek itu, tetap ada ornamen naga,” tambah mahasiswa jurusan Bahasa Inggris di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unima, Minggu (30/1).
Pihak Gereja Santo Ignatius Manado, belum berhasil dikonfirmasi terkait pemasangan ornamen Imlek tersebut.(tr-01)

  • Bagikan