Persiapan Penyusunan RKPD 2023, Kampung Kelurahan Wajib Punya Akun SIPD

  • Bagikan

JAGOSATU.COM—Dengan diterapkannya sistem informasi pembangunan daerah (SIPD) di Kabupaten Kepulauan Sangihe, 145 Kampung dan 22 Kelurahan diwajibkan memiliki akun SIPD. 

Hal ini dibenarkan Kepala Badan Penelitian dan Pembangunan (Bapelitbang) Daerah Sangihe Felix Gaghaube. Dikatakannya, untuk persiapan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2023 mendatang, untuk kampung dan kelurahan sudah wajib diikutkan dalam SIPD.

“Berdasarkan bimtek dengan Kemendagri beberapa waktu lalu, telah ditegaskan bahwa kampung dan kelurahan harus punya akun SIPD. Sehingga kami langsung mengundang para camat di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan menyampaikan maksud dari pada hasil pelaksanaan bimtek tersebut,” jelas Kaban saat diwawancarai disela-sela Forum Konsultasi Publik belum lama ini. 

Dan tindak lanjut berikutnya, kata Gaghaube  pihaknya telah melayangkan surat ke pemerintah kecamatan bahwa masing-masing camat harus mengakomodir seluruh kapitalaung dan lurah yang ada untuk mempercepat pembuatan akun email lurah dan kapitalaung. 

“Dan berdasarkan data yang ada, dari 15 Kecamatan sudah 8 kecamatan yang kampung dan kelurahannya sudah lengkap akun email. Diantaranya Kecamatan Tahuna, Tahuna Barat, Tahuna Timur, Kendahe, Tamako, Tabukan Selatan, Tabukan Tengah, Tabukan Selatan Tenggara,”beber Gaghaube. 

Diapun berharap, ada perhatian dari para camat dan juga Dinas PMD untuk mempercepat pembuatan akun email lurah dan kapitalaung. Karena tanggung jawab dari lurah ataupun kapitalaung bisa dihandle camat ataupun dinas PMD.

“Keuntungan SIPD untuk kampung dan kelurahan ini yakni, dimana proses perencanaan harus terstruktur dan sistematis jadi apa yang diusulkan itu yang diinput,” tutupnya. (nhy)

  • Bagikan