Pungli di Disdukcapil, Dandel: Pasti Ada Sanksi Tegas!

  • Bagikan
Forsman Dandel

JAGOSATU.COM – Kasus Pungutan liar (pungli) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bitung, terus bergulir. Sanksi tegas akan diberlakukan bagi oknum orang dalam Disdukcapil, yang terlibat persekongkolan dengan calo.
Pungli temuan langsung Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, saat ini sudah bermuara ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKP-SDMD), setelah dilakukan pemeriksaan oleh Inspektorat Kota Bitung.
Kendati belum merinci dengan pasti, berapa oknum pegawai negeri sipil (PNS) dan tenaga harian lepas (THL) di Disdukcapil, yang terlibat dalam pungli tersebut, tetapi Kepala BKP-SDMD Kota Bitung Forsman Dandel saat dikonfirmasi menjelaskan, pasti ada sanksi tegas.
“Kami terima baru laporan awal, Inspektorat masih terus melakukam pendalaman terkait peran dari masing-masing oknum yang terlibat dalam pungli di Disdukcapil Kota Bitung,” jelas Dandel, Kamis (20/1).
Dengan demikian, hal tersebut masih dalam kajian sebelum memutuskan sanksi kepada sejumlah oknum tersebut, sesuai dengan aturan yang berlaku.
“Sanksi tegas akan diberikan kepada oknum PNS sesuai dengan aturan yang berlaku, sedangkan untuk oknum THL yang merupakan operator, pasti diberikan sanksi, yang bisa sampai pada pemberhentian,” pungkas Dandel.(franky)

  • Bagikan