Peringatan Hari Dharma Samudera, Lanal Tahuna Gelar Tabur Bunga di Laut dengan KAL PSH

  • Bagikan

JAGOSATU.COM—Memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2022, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tahuna menggelar upacara penaburan bunga di laut dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Sangihe (PSH) II-8-31, Jumat (15/1/2022).

Upacara digelar di Buritan Kal Pulau Sangihe II-8-31, turut dihadiri Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin MTr Hanla yang bertindak selaku Inspektur Upacara, Pasintel Lanal Tahuna Mayor Laut (S) Steifel R Mandey, Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab VIII Ny Elzza Sobarudin, Pasop Lanal Tahuna Kapten Laut (P) Wartokid, Seluruh Perwira Lanal Tahuna, Seluruh Anggota Bintara dan Tamtama Lanal Tahuna serta Ibu-ibu Jalasenastri Cabang 5 Korcab VIII. 

Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin MTr Hanla usai upacara tabur bunga menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 15 Januari ini merupakan momentum untuk kembali bahwa pada pertempuran laut Aru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962, gugur salah satu tokoh pahlawan nasional TNI Angkatan Laut yang rela mengorbankan nyawanya demi  kembalinya Papua ke NKRI.

“Dan pada puncaknya tanggal 15 tersebut beliau gugur bersama prajurit-prajurit terpilih bangsa Indonesia di KRI macan tutul,” jelas Danlanal.

Lanjut Komandan, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pertama ziarah rombongan di TMP Santiago yang dilakukan Jumat (14/1/2022) kemarin, kemudian pada hari ini dilaksanakan upacara tabur bunga di laut dengan KAL PSH.  Danlnal juga menyampaikan, sebelum pertempuran laut Aru yang terjadi pada tahun 62, juga telah didahului dengan beberapa pertempuran laut yang cukup nyaris. Seperti pertempuran yang dipimpin Kapten Markasih di selat Bali dengan perahu-perahu tradisional sangat sederhana untuk mengusir penjajah Belanda dari pulau Bali yang menggunakan kapal-kapal yang lebih canggih.

“Sehingga momentum yang baik ini, untuk mengingat kembali bahwa pendahulu kita yaitu pahlawan nasional yang telah gugur mendahului kita, telah berjuang dengan keras bukan hanya berkujuran keringat namun jiwa dan raga dipersembahkan untuk negara ini,” ungkap Sobarudin. 

“Karena itu generasi saat ini, baik TNI AL maupun non TNI AL, diharapkan agar mampu mengisi apa yang sudah diberikan kepada kita dengan baik dan berguna serta bermanfaat demi kejayaan dan keutuhan NKRI,” sambung Danlnal. 

Kegiatan upacara diawali dengan laporan Komandan upacara kepada Inspektur upacara, Penghormatan kepada Arwah Pahlawan dipimpin oleh Komandan Upacara, Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara, Pelarungan karangan bunga dan tabur bunga oleh Inspektur upacara, Penghormatan terakhir kepada arwah Pahlawan dipimpin oleh Komandan Upacara. Upacara tabur bunga selesai berlangsung aman dan lancar. (nhy)

  • Bagikan