Begini Pesan Bupati Sangihe Untuk 28 Kapitalaung yang Baru Dilantik

  • Bagikan

Bupati Jabes saat melantik 28 Kapitalaung Terpilih di Papanuhung Santiago Tampungang Lawo

JAGOSATU.COM—Sebanyak 28 Kapitalaung (Kepala Kampung) terpilih dalam ajang pemilihan akhir November lalu, telah dilantik, Kamis (13/01/2022) di Papanuhung Santiago Tampungan Lawo. 

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kapitalaung Terpilih Hasil Serentak Gelombang ke II ini dilakukan Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana.

Bupati dalam sambutannya berpesan kepada Kapitalaung yang baru dilantik, agar secepatnya membuat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang telah diorientasikan Kapitalaung terpilih dalam visi dan misi saat kampanye. 

“Itu adalah tugas pertama Kapitalaung yang baru, membuat kemudian mengawal RPJMDes kemudian juga mengelolah dana desa yang sudah disiapkan,” ujar bupati.

Lanjut dia juga menegaskan, jangan ada kapitalaung yang terjerat hukum. Kelola lah dana desa yang merupakan dana rakyat dengan sebaik mungkin, jangan memanajemen sendiri.

“Kalau ada bendahara kampung dia yang kelolah dana jangan Kapitalaung yang kelolah sendiri. Orientasi kapilauang adalah melayani masyarakat sesuai visi dan misi dan jangan alergi dengan kritikan karena kritik perlu asalkan jangan sampai difitnah,” tegas Jabes. 

Bupati menambahkan, dengan struktur pemerintah kampung yang ada, tidak boleh memberhentikan secara sepihak aparat kampung secara sepihak. kecuali ada yang merugikan kepemimpinan Kapitalaung.

“Jika akan memberhentikan perangkat kampung, harus diusulkan ke camat. Karena perangkat kampung dipilih dengan proses demokrasi jadi proses pemberhentiannya harus sesuai aturan, agar supaya tidak terjadi permasalahan dalam penyelenggaraan pemerintahan Kampung,” kunci Gaghana.  (nhy)

  • Bagikan