Sebelum Dilantik, 28 Kapitalaung Terpilih Diberi Pembekalan

  • Bagikan

28 Kapitalaung Terpilih saat mengikuti pembekalan yang dilaksanakan di Inspiration Hall GMIST Efrata Tahuna, Selasa (11/01/2022).

JAGOSATU.COM—Sebanyak 28 Kapitalaung terpilih dalam hasil pemilihan serentak tahun 2021 gelombang kedua se-Kabupaten  Kepulauan Sangihe dalam waktu dekat ini akan dilantik, dan sebelum itu dilakukan pembekalan yang dilaksanakan di Inspiration Hall GMIST Efrata Tahuna, Selasa (11/01/2022). 

Bupati Jabes Gaghana melalui Sekretaris Kabupaten Melanchton Harry Wolff ST ME mengatakan, pembekalan ini sangat penting untuk memperlengkapi para Kapitalaung dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya untuk mengimplementasikan ilmu yang telah diterima selama mengikuti pembekalan.

“Kapitalaung memegang peranan yang sangat strategis sebagai ujung tombak penyelenggaraan Pemerintahan di Desa sehingga mampu mengoptimalkan berbagai potensi dan peluang pengembangan yang ada di desa dalam mewujudkan efektifitas penyelenggaraan Pemerintahan Desa, meningkatkan kesejateraan masyarakat desa, mempercepat peningkatan pelayanan publik serta meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan desa serta dapat meningkatkan daya saing desa,” ungkap Sekkab saat menghadiri pembekalan Kapitalaung Terpilih. 

Lanjut dia, diharapkan agar kedepan terus berbenah dalam menjawab kebutuhan dan kerinduan masyarakat akan pelayanan yang cepat, tepat dan berkualitas.

“Harapan Saya dan kita semua agar kedepan terus kita berbenah dalam menjawab kebutuhan dan kerinduan masyarakat akan pelayanan yang cepat,tepat dan berkualiatas,”harap Wolff

Sementara itu Kabid administrasi Pemerintahan Dinas PMMD Kabupaten Sangihe Yesri Ilham Muridang mengatakan, sebelum pelantikan ada pembekalan agar supaya ada pemahaman dan bekal ketika para kapitalaung dalam melaksanakan tugas.

Muridang menambahkan terkait dengan jadwal pelantikan kapitalaung terpilih yang sebenarnya sesuai dengan jadwal yang ditetapkan yaitu tanggal 10 januari 2022, namun atas petunjuk pimpinan daerah sehingga di undur hari kamis tanggal 13 januari 2022.

“Sebenarnya kan jadwal tanggal 10 januari sesuai tahapan, namun karena atas petunjuk Pak Bupati maka diundur sampai tanggal 13. Dan diharapkan setelah mengikuti pembekalan ini teman-teman Kapitalaung terpilih dan dilantik agar memahami ruang lingkup tugas pokok dan fungsi serta kewenangan-kewenangan yang diatur oleh undang-undang, supaya tidak ada lagi Kapitalaung terjerat kasus hukum karena penyalahgunaan kewenangan akibat kurang memahami sehingga perlu dibekali sebelum melaksanakan tugas,”tandasnya. (nhy)

  • Bagikan