3 Fakta Ernesto Valverde, Calon Kuat Pelatih Manchester United

  • Bagikan
Mengetahui 3 fakta Ernesto Valverde, sosok yang disebut sebagai calon kuat pelatih baru Manchester United. (foto: REUTERS/Susana Vera)

JAGOSATU.COM- Mengetahui tiga fakta Ernesto Valverde sosok yang disebut sebagai calon kuat pelatih baru Manchester United.

Seperti diketahui, saat ini Manchester United tengah berusaha mencari pelatih baru usai memecat Ole Gunnar Solskjaer dalam beberapa waktu lalu.

Beberapa nama pun mulai dikaitkan dengan posisi penunggang Setan Merah tersebut, salah satu yang terkuat yakni Ernesto Valverde.

Kabar tersebut menguat usai diberitakan oleh jurnalis Italia, Fabrizio Romano melalui unggahan di akun Twitter-nya.

Menurut Romano, pihak Manchester United telah menghubungi Valverde untuk membicarakan soal perekrutannya.

“Petinggi Manchester United melakukan kontak langsung dengan mantan pelatih Barcelona, Ernesto Valverde,” tulis Romano.

Namun sayangnya, menurut Romano, Valverde bukan direkrut untuk menjadi pelatih kepala, namun pelatih interim yang saat ini ditempati oleh Michael Carrick.

“Untuk mempertegas, Ernesto Valverde hanya diplot sebagai pelatih interim,” kata Fabrizio Romano.

Berikut ini tiga fakta menarik tentang Ernesto Valverde.

1. Raih Kesuksesan di Barcelona

Ernesto Valverde pernah membawa Barcelona meraih kesuksesan dengan merengkuh dua trofi Liga Spanyol dan satu gelar Copa del Rey selama masa kekuasaanya, 2017-2020. Bahkan, dari total 145 pertandingan yang dilakoni Barcelona pada periode tersebut, Blaugrana tercatat hanya menderita 16 kekalahan.

2. Membawa Klub Papan Tengah Bersinar

Ketajaman tangan dingin Ernesto Valverde juga dibuktikan dengan membuat klub papan tengah, Athletic Bilbao bersinar.

Bahkan pelatih asal Spanyol ini pernah membawa Bilbao menjuarai Piala Super Spanyol 2015, menang agregat 5-1 atas Barcelona yang telah ditukangi Luis Enrique.

3. Memimpin Lebih dari 700 laga

Kiprah kepelatihan Ernesto Valverde memang tidak bisa diragukan lagi, dalam kurun waktu 20 tahun berkarier, Valverde telah mengepalai sejumlah klub Spanyol.

Dari perjuangannya bersama Barcelona, Athletic Bilbao, Valencia, Espanyol dan Villarreal, Valverde telah memimpin tim asuhannya dalam total lebih dari 700 laga.

(Genpi.co)

  • Bagikan