Keturunan Diabetes Wajib Lakukan Ini, Gula Darah Aman

  • Bagikan
Ilustrasi - Jika kamu keturunan diabetes, ini yang harus dilakukan. Mohon disimak baik-baik. Gula darah bakal aman. antara/pixabay

JAGOSATU.COM- Jika kamu keturunan diabetes, ini yang harus dilakukan. Mohon disimak baik-baik. Gula darah bakal aman.

Penderita diabetes sering kali tidak menyadari bahwa dirinya berisiko. Padahal, faktor utama penyebab diabetes ialah keturunan. 

Namun, jika sudah menyadari bahwa ada keturunan diabetes, sebaiknya segera melakukan tindakan preventif untuk pencegahan.

Spesialis penyakit dalam & endokrinologi Thomson Hospital dr. Suehazlyn Zainudin menyarankan, jika ada Riwayat diabetes sebaiknya pada usia sebelum usia 30 tahun  sudah melakukan medical check up.

“Setiap tahun harus dilakukan medical check up untuk memastikan tidak ada diabetes atau prediabetes,” dokter Suehazlyn dalam webinar bertajuk “Diabetes Jangan Panik” yang digelar GenPI.co

Terlebih, jika ada masalah kegemukan atau obesitas, sebaiknya pengecekan diabetes bisa dilakukan.

Dia juga menjelaskan risiko kedua selain faktor keturunan ialah adanya kegemukan atau obesitas. 

“Oleh sebab itu penting untuk mengurangi konsumsi kalori,” ucapnya.

Dokter Suehazlyn juga mengatakan mengurangi diabetes dalam tubuh seseorang untuk sementara tersebut bisa dilakukan dengan mengurangi berat badan.

“Kalau penderita diabetes bisa mengurangi berat banyak sebanyak 20 persen dari berat badan asal, diabetes ini bisa hilang untuk beberapa tahun,” katanya.

Oleh sebab itu, dirinya mengimbau para penderita diabetes untuk mencoba mengurangi berat badan sambil menjalani gaya hidup sehat setiap harinya.

(Genpi.co)

  • Bagikan