Italia-Portugal Apes

  • Bagikan

JAGOSATU.COM – Apes nian nasib Juara Piala Eropa 2020, Italia dan Juara Piala Eropa 2016, Portugal. Italia gagal lolos langsung ke Qatar setelah ditahan imbang Irlandia Utara 0-0 pada matchday terakhir Grup C Kualifikasi Zona Eropa di Windsor Park, Selasa (16/11) dini hari. Akibatnya Georgio Chellini dkk harus finis runner-up, hanya mengemas nilai 16. Swiss merebut juara grup dengan 18 poin dan lolos otomatis ke Piala Dunia 2022.

Nasib sial juga dialami Polandia. Robert Lewandowski dkk pun harus menempuh fase playoff karena kalah 1-2 dari Hungaria pada laga terakhir Grup I. Polandia berakhir di posisi kedua grup dengan perolehan angka 20. Sementara rival mereka yakni Inggris (26 poin) langsung lolos ke Piala Dunia 2022.

Hingga kini totalnya 10 tim yang dipastikan harus mengikuti fase playoff. Sementara dua slot lainnya bakal diisi runner-up Grup G antara Belanda, Turki atau Norwegia dan runner-up Grup D antara Ukraina atau Finlandia.
Fase playoff akan diisi 12 tim dan dibagi menjadi tiga jalur berbeda. Setiap jalur diisi empat tim yang bersaing memperebutkan 1 slot dengan cara sistem gugur yakni semifinal kemudian final.

Sehingga satu tim, maksimal hanya menjalani dua laga saja di playoff. Fase tersebut akan diundi pada 26 November.
Negara Yang tempuh playoff Piala Dunia 2022:

  1. Portugal
  2. Italia
  3. Rusia
  4. Skotlandia
  5. Swedia
  6. Wales
  7. Polandia
  8. Makedonia Utara
  9. Austria
  10. Republik Ceko
  11. Belanda, Turki atau Norwegia
  12. Ukraina atau Finlandia

(MPD)

  • Bagikan