Jangan Gunakan Pasta Gigi untuk Menghilangkan Jerawat, Bahaya

  • Bagikan
ilustrasi pasta gigi. foto: envato elements

JAGOSATU.COM- Alih-alih mendapatkan kulit mulus, menghilangkan jerawat dengan pasta gigi justru memperburuk kondisi kulit. Kandungan yang ada pada pasta gigi hanya diformulasikan untuk gigi saja, bukan untuk permukaan kulit yang berjerawat.

Meski kandungan kimia dalam pasta gigi aman untuk memutihkan gigi kamu, bukan berarti cocok untuk kulit. Hal ini dikarenakan pasta gigi memiliki tingkat pH (keasaman) yang dapat mengiritasi kulit yang sehat.

Bila pH di kulit terlalu tinggi, ruam dan sensasi terbakar pun dapat muncul. Di lain sisi, sodium lauryl sulfate yang juga ditemukan di pasta gigi mungkin terlalu keras untuk mengatasi jenis jerawat yang ringan.

Tingkat keparahan yang disebabkan oleh penggunaan pasta gigi terhadap jerawat pun akan tergantung pada sensitivitas kulit kamu. Bagi kamu yang merasa berhasil mendapatkan manfaat dari pasta gigi untuk jerawat tidak boleh senang dulu.

Kamu mungkin dapat menghindari iritasi kulit, tetapi ada bahaya lainnya yang mungkin muncul setelah menggunakan pasta gigi. Sebagai contoh, kulit yang terlalu kering akibat menggunakan pasta gigi justru dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat baru.

Maka dari itu, sebaiknya hindari pemakaian pasta gigi untuk jerawat dan beralih ke obat penghilang jerawat yang terbukti aman. 

(Genpi.co)

  • Bagikan