Siap jadi Ketua DPW Nasdem Sulut

  • Bagikan
Hillary Brigita Lasut

JAGOSATU.COM – Begitu Elly Engelbert Lasut (E2L) terpilih aklamasi sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Sulut, sang putri Hillary Brigita Lasut langsung menyampaikan ucapan selamat. Akan tetapi, ia juga menyelipkan tantangan. Bahwa jika pada hajatan Pemilu 2024 nanti berbeda jagoan di arena Pilpres, ia tak segan-segan mengajak sang ayah berkompetisi menjual jagoan masing-masing.


‘’Bukan tidak mungkin kan? Pada 2024 saya akan berhadap-hadapan dengan Pak E2L. Selain saya ucapkan selamat sudah terpilih sebagai Ketua DPD PD Sulut, saya ajak berkompetisi secara fair di arena Pilpres nanti. Itu apabila saya sebagai kader Nasdem dan Pak E2L sebagai Ketua Partai Demokrat punya capres yang dijagokan masing-masing partai. Ini sudah konsekwensi berpolitik dan tak bisa dihindari,’’ tegas Hillary.


Anggota Komisi I DPR RI itu juga terpacu semangat untuk mengikuti jejak ayahnya menjadi Ketua Partai di tingkat provinsi. ‘’Jika Pak Max Lomban sudah ingin istirahat dari kegiatan partai, saya sangat siap jika dipercaya DPP untuk menjadi Ketua DPW Nasdem Sulut,’’ ujarnya.

Keinginan itu kata Hil, sapaannya, bukan ambisi untuk menguasai sejumlah elemen penting parpol di Sulut. Tapi, lebih pada keinginan untuk total mengabdikan diri kepada negara dan daerah lewat partai. Dan bukan sesuatu yang aneh baginya jika memang harus berbeda haluan politik dengan sang ayah. ‘’Sewaktu Papa ikut Pilkada Talaud, ia Ketua Partai Berkarya. Sementara Almarhumah Mama Telly Tjanggulung adalah Ketua DPD Nasdem Minahasa Tenggara. Saya masuk legislatif Senayan memilih Nasdem sebagai kendaraan politik. Jadi, perbedaan pandangan politik di keluarga kami sudah hal biasa,’’ tutur Pimpinan Sidang termuda ketika masuk di DPR RI 2019 lalu.


Jika sekarang E2L menjabat Ketua DPD PD Sulut dan dirinya, kata Hillary, berniat menjadi Ketua DPW Nasdem Sulut, juga bukan hal aneh. ‘’Dari senioritas dan usia masih banyak yang di atas saya. Tapi, sebagai kader, saya punya hak yang sama dengan senior-senior. Jadi, tidak ada yang janggal bila saya pun punya keinginan jadi Ketua DPW Nasdem. Tapi, semua saya kembalikan ke DPP. Yang menentukan DPP, bukan saya. Jika ditugaskan, saya selalu siap dan akan setia bersama Nasdem,’’ tegas politisi 25 tahun ini.


Bagaimana respon E2L terhadap tantangan putrinya yang berpotensi kelak akan jadi saingannya? Bupati Kepulauan Talaud itu langsung terbahak. Ia memaklumi jika Hillary punya keingnan seperti itu. ‘’Biasalah. Anak muda gitu lho hehe.’’ Meski berstatus anak dan bapak, E2L siap menerima tantangan itu. Sebab, politik itu dinamis. Situasi sekarang masih saling lobi. Belum tahu apakah antara Nasdem dan Demokrat berbeda jalan atau sejalan. Tapi, risiko berbeda sudah ia perhitungkan. ‘’Hill punya pilihan politik sendiri sesuai hati nuraninya. Saya hanya mengarahkan yang terbaik. Dan sekarang kami berdua akhirnya berbeda haluan politik, kemudian ia menantang saya, dengan senang hati saya terima tantangan itu,’’ tukas E2L.

E2L tidak khawatir pilihan politiknya berimplikasi terhadap karir Hillary di Nasdem. Sebab, ia tahu bagaimana teguhnya pendirian sang putri terhadap partai yang menaunginya sekarang ini. ‘’Ia seperti karang. Tak akan goyah walau dihantam ombak. Makanya, ketika saya memilih untuk bersama-sama dengan Partai Demokrat, Hill tidak kaget. Justru ia mendorong sekaligus memohon maaf, tidak bisa bersama-sama, karena ia sudah punya pilihan sendiri.

‘’Kepercayaan Partai Nasdem tak mungkin ia khianati. Saya pun tidak boleh memaksakan kehendak. Kendati begitu, tidak harus memisahkan status kami berdua sebagai ayah dan anak. Biarkan Hil berinovasi dengan gayanya. Apalagi ia mewakili generasi milenial. Saya teguh dengan pilihan sekarang, yang Puji Tuhan Alhamdulillah, dipercaya DPP dan teman-teman 15 DPC menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Sulut,’’ pungkasnya. (MPD)

  • Bagikan