Jalur Ekonomi, Kapal Ferry Ditambah

  • Bagikan

JAGOSATU.COM-Perjuangan Walikota Bitung Maurits Mantiri dan Wakil Wali Kota Hengky Honandar, untuk penambahan Kapal Ferry dan Bus Sekolah menuai titik terang. Kubu Legislatif spontan mendorong niatan tersebut, guna menjawab keinginan besar warga. Bahkan, DPRD Bitung turut serta berjuang bersama eksekutif ke DPR-RI. 

Sekertaris Komisi ll DPRD Bitung, Geraldi Mantiri, mengatakan langkah merealisasikan harapan warga ini telah disampaikan pihaknya bersama eksekutif ke anggota DPR RI Hi Herson Mayulu SIP (H2M) beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu Ketua DPRD Bitung, Aldo Ratungalo bersama anggota Komisi V DPR RI asal Sulut ini, permintaan tersebut direspon positif.  “Permintaan bantuan kapal Ferry ini nantinya untuk melayani rute Bitung-BMR termasuk direck ke Bolmong Selatan. Yaitu dalam rangka mengangkut komoditi dari BMR langsung ke Pelabuhan Kota Bitung melalui Pantai Selatan, tidak sekadar mengandalkan angkutan darat,’’ ujar Ratungalo.   

Sedangkan bus sekolah, sambung Gerald Mantiri, untuk menunjang aktivitas para siswa pasca pandemi. Dengan hadirnya layanan fasilitas publik ini akan sangat membantu warga dalam memasarkan hasil perikanan, hasil bumi seperti kopra dan lainnya, ke pabrik ikan serta minyak kelapa di Kota Bitung. Bahkan, kapal Ferry ini nantinya akan menunjang pengembangan KEK di Bitung.

Selama ini kata keduanya, angkutan hasil perikanan, pertanian dan perkebunan di kawasan BMR lebih banyak menggunakan kendaraan darat. Terobosan dengan kapal ferry lewat jalur Pantai Selatan, selain efisiensi, juga memangkas waktu. Termasuk meminimalisir biaya bongkar muat. 

Terobosan jitu itu direpons dan disuport Mayulu. Keseriusan itu sudah dibuktikannya dengan menghadirkan Sekretaris Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan untuk mendengar serta mencatat semua yang disampaikan.

“Dua usulan kami ini sebagai aspirasi yang akan diperjuangkan anggota DPR RI Dapil Sulut serta Dirjen Perhubungan Darat memasukkan dalam usulan kegiatan tahun 2022,” ujarnya. 

Ketua DPRD Bitung Aldo Ratungalo mengapresiasi sambutan H2M yang menerima kunjungan Fraksi PDI Perjuangan bersama Dinas Perhubungan di rungan rapat Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Senayan. “Kami sangat berterima kasih lagi karena Pak Herson siap memperjuangkan pengadaan kapal ferry sekaligus pembukaan jalur laut untuk pelayanan publik dan menunjang IHP Bitung,” kata Aldo. 

Gerak cepat DPRD Bitung ini ke DPR RI sebagai bentuk dukungan wakil rakyat terhadap pemerintahan Maurits Mantiri-Hengky Honandar yang juga bergerak simulatan dalam menyikapi harapan warga. “Semua ini dilakukan untuk menjawab harapan warga Bitung dan memperlancar akses perhubungan Kota Bitung dan Bolmong,” ujarnya.(MPD)

  • Bagikan