BPBD Bilang, Jika Hujan Lebat: Segera Mengungsi

  • Bagikan

JAGOSATU.COM – BMKG memprediksi Kota Manado akan mengalami cuaca ekstrem sampai beberapa pekan ke depan. Bahkan hingga 6 November, diperkirakan jauh lebih esktrim. Oleh sebab itu Pemkot Manado melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau masyarakat agar waspada.


Itu disampaikan Plt Kepala BPBD Kota Manado Peter A Eman, Senin (1/11). Ia mengaku sudah menerima pemberitahuan dari BMKG atas peringatan dini untuk cuaca ektrem dan biasanya berlaku satu jam sebelum kejadian.
“Ini kan baru peringatan. Saya berharap dan berdoa agar semua itu tidak terjadi. Nantinya untuk peringatan dini dari BMKG, kami akan selalu bagikan agar masyarakat bisa tahu,” ujar Eman.


Peter kemudian mengingatkan kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, agar senantiasa siaga dan segera mengungsi bila terjadi hujan lebat. “Jadi bagi masyarakat yang berada atau bertempat tinggal di daerah rawan bencana, di pinggiran DAS sungai, daerah kemiringan atau di bawah tebing, agar tetap waspada. Apalagi dalam keadaan hujan lebat, segera mengungsi ke tempat yang aman,” imbau Eman.


Plt Kaban BPBD ini juga mengingatkan agar tetap patuhi protokol kesehatan.
“Jadi terlepas dari itu, jangan lupa tetap melakukan prokes. Karena menjaga kota Manado sekarang dalam dua hari terakhir ini angkanya nol. Untuk itu, mari torang sama-sama menjaga jangan sampai terlena dengan keadaan ini, tiba-tiba bulan Desember dia naik lagi,” tandasnya.(MPD)

  • Bagikan