Ini 6 Spot Wisata Menarik “Trip Negeri Dongeng”

  • Bagikan

JAGOSATU.COM – Manasajakah spot atau lokasi wisata yang disodorkan asosiasi Insan Pariwisata Indonesia (IPI) DPD Sulut yang diketuai Sonny Tasidjawa?
“Ini paket wisata menarik yang tepat di era Pandemik saat ini. Atraksi di desa wisata dengan suguhan alam yang segar dan protokol kesehatan ketat nan sehat,” puji Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pariwisata Dino Gobel.

Berikut 6 spot tersebut:

  1. Waruga Dotu Roti.
    Beliau adalah Pendiri Negeri Tumaluntung. Berjulukan atau disebut Tunduan, Tonaas, Wadian, Teterusan pertama.
    Waruganya berada di antara gugusan pemakaman waruga yang banyak tersebar di wilayah Tumaluntung.
  2. Pembuatan Gula Batu.
    Ini suguhan atraksi wisata menarik di paket trip negeri dongeng ini. Pengunjung diajak mampir di salah satu rumah penduduk di dekat kawasan negeri lama. Di sini diperlihatkan bagaimana warga setempat membuat gula aren 100 asli tanpa bahan pengawet.
  3. Pembuatan minuman Cap Tikus.
    Ini tak kalah menarik. Pengunjung diajak menyaksikan teknologi tradisional pembuatan arak lokal bernama Cap Tikus. Menggunakan sumber air nira. Lalu difermentasi dan distilasi sedemikian rupa kemudian menghasilkan arak lokal ini.
  4. Tenged Watu.
    Berasal dari dua kata dalam bahasa Tonsea. tenged artinya Lesung dan Watu berarti batu.
    Alat yang sudah berusia ratusan tahun lalu itu, sampai kini masih awet. Alat ini sebagai penumbuk padi. Biasa digunakan masyarakat tempo dulu dengan tongkat khusus.
  5. Agro Wisata Pertanian Organik.
    Nah, di paket wisata ini pengunjung semakin dibikin kian tertarik. Sebab disodorkan keberhasilan warga desa Tumaluntung dalam hal pengembangan beragam jenis tanaman agro secara organik.
  6. Biogas.
    Inovasi Enerji hasil alam juga sukses dikembangkan warga desa Tumaluntung. Nah dalam paket wisata ini, warga akan diperlihatkan bagaimana biogas yang dikembangkan masyarakat dan digunakan bagi kepentingan warga setempat.(MPD)
  • Bagikan