Baso: Saya Tunggu Arti Senyum Erick

  • Bagikan
Baso Affandi

JAGOSATU.COM – Yang saban hari mengunjungi gerai Anjungan Tunai Mandiri (ATM), pasti disuguhi foto dan slogan. Fotonya terpampang wajah Erick Tohir. Di layar turut pula tertulis kalimat berbau slogan. Entah ada hubungan dengan perbankan atau tidak. Tapi, foto dan slogan Erick Tohir hanya akan ditemui di gerai ATM bank pelat merah, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Mandiri.

Beberapa bank itu sejatinya mengurangi gerai ATM. Di beberapa tempat sudah dicabut. Salah satu petugas yang sedang mengangkut mesin ATM di bilangan Jalan 17 Agustus, mengaku bahwa pencabutan mesin ATM itu untuk efisiensi. Tapi, bukan itu substansinya. Orang yang rutin ke ATM tiga Bank tersebut akan langsung disambut senyum cerah Erick Tohir. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang juga membawahi lembaga perbankan milik pemerintah.


Bahkan ATM yang sedang bermasalah sekali-pun, saat stand by, layarnya tetap menampilkan Erick Tohir. Dengan format mirip iklan dan baliho video trone di jalan-jalan utama Manado. ‘’Saya tidak begitu memperhatikan. Baru Anda beritahu lewat WA, saya langsung ke ATM sekadar hendak memastikan. Dan ternyata benar,’’ tutur Dr Alfian Rattu SH MH.


Sebagai orang pertama di Sulut yang menyodor nama Erick Tohir sebagai salah satu calon presiden potensial, pakar Hukum Tata Negara, itu menilai cara Erick Tohir mengkampanyekan diri tergolong cerdas. ‘’Saya tidak dalam posisi menjagokan Pak Erick. Saya hanya melihat bahwa tampilnya Erick di gera-gerai ATM bank pelat merah memberi indikasi kuat, ia sedang mempersiapkan diri untuk sebuah hajatan besar.

Jika dibilang itu adalah kampanye terselubung, jebolan doktor Universitas Padjajaran Bandung, ini tidak menyangkalnya. Sekaligus tidak bisa menyalahkan. ‘’Dalam kapasitas sebagai Menteru BUMN, ya wajar saja. Sebab, bagaimanapun ia memiliki tanggungjawab untuk membuat bank-bank pemerintah tetap eksis, apalagi di masa pandemi. Bila ada yang menilai itu bagian dari kampanye terselubung, juga tidak salah. Urgensinya apa kok bergaya-gaya di gerai ATM? Tapi, ini menunjukkan kecerdasan seorang Erick di tengah hiruk pikuk wacana calon Presiden 2024,’’ urai Alfian.

Mantan bos klub raksasa Italia, Inter Milan, itu tidak jor-joran dengan memasang baliho, spanduk dan lainnya di ruang public. Ia justru membidik pasar murah meriah. Dan pasti banyak yang tidak merasa itu bagian dari trik mengkampanyekan diri. Artinya, lanjut pengacara kondang ini, Erick masuk ke pasar yang tidak diperhitungkan sama sekali oleh orang lain yang juga berniat nyapres.


‘’Memang sejauh ini belum ada pernyataan beliau untuk maju capres 2024. Tapi, dari lenggang politiknya, makin ke sini, Erick makin intens menyapa masyarakat. Selain di gerai ATM, ia barusan mengecam Thailand dan Malaysia yang mengunci pendatang asal Indonesia masuk dua negara itu. Pak Erick tahu moment apa dia harus masuk,’’ tuturnya.
Salah satu surveyor Sulut, Baso Affandi juga turut mengamati pergerakan bawah tanah Erick Tohir.

‘Di mesin ATM Bank Mandiri Fresh Mart Mapanget Erick Thohir berpose mirip model pria ber jas bergaya modis saat sesi pemotretan. Terlihat mengenakan jas hitam lengkap dengan dasi warna senada. Wajah Erick tersenyum menunjukkan giginya di layar monitor mesin ATM. Senyum sumringah meski tak ada orang di depannya,’’ canda Baso.
Aktivis KAHMI Manado dan Sulut, itu

Membaca pesan di layar. Ia merekam, Erick menitip pesan “Kepemimpinan yang baik selalu dimulai dari AKHLAK,”. Tak ada kaitannya dengan instansi yang ia pimpin. Ya tentu terbersit sedikit pikiran nakal bahwa apakah yang Erick maksud kepemimpinan itu adalah Presiden ke depannya atau entahlah, mungkin pikiran saya saja yang ngelantur nakal,’’ kicau jebolan Fakultas Hukum Unsrat ini.

‘’Gerai ATM seputaran perbelanjaan Paniki Jaya, Mapanget, mesin ATM BRI dan BNI pun berlomba mengeksploitasi wajah Erick. Di situ Erick ditampilkan dengan ukuran agak kecil. itu hanya dipajang bagian wajahnya saja.
Pada layar monitor ATM BRI itu terpampang juga keterangan ‘Peringatan 1 Tahun AKHLAK’,’’ urai Baso sambil tersenyum.


Salah satu surveyor yang acap mendampingi calon kepala daerah di berbagai daerah tersebut melihat gaya Erick sebagai sinyal bagi capres yang jor-joran di ruang publik. “AKHLAK sebagai core values menjadi aspek kunci bagi perusahaan BUMN dalam menjalankan seluruh aktivitas perusahaan, mencapai kinerja terbaik berkontribusi untuk Indonesia,” Erick Thohir – Menteri BUMN. Layar monitor juga menguraikan akronim dari kata AKHLAK. Yakni Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif,’’ sebutnya secara detail.

Itulah sebabnya, mantan ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf, itu diyakini Baso Affandi punya agenda besar di 2024. Ia memperkirakan sohib kental Sandiago Uno terebut akan jor-joran di awal 2022. Meski tak punya partai? ‘’Erick ini punya nilai jual tinggi. Benar ia tak punya partai. Tapi, dari lenggangnya di Kementrian BUMN dan terobosan yang kadang bikin puyeng para mafia, sungguh akan sangat menarik minat partai-partai besar,’’ tulis suami Shanty Pulukadang itu.


Baso yakin dengan style yang ia punyai itu, jika ia mendeklare sebagai capres, elektabilitasnya akan lekas menanjak. ‘’Saya banyak pengalaman dengan gaya calon seperti ini, meski baru dalam scope provinsi dan kabupaten/kota, tapi mereka langsung melejit ketika deklarasi. Nah, bila partai-partai yang berhak mengusung calon pintar membaca trik Erick, niscaya bakal menuai hasil baik. Tapi, sebelum ia mendeklarasikan diri, saya belum bisa menyimpulkan apa-apa, selain berandai-andai dulu,’’ kata Baso. (MPD)

  • Bagikan