Golkar Targetkan 20 Persen Suara Pemilu 2024, Bisa Nggak Ya?

  • Bagikan
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: ANTARA

JAGOSATU.COM- Pengamat politik Saidiman Ahmad membeberkan analisisnya soal Partai Golkar yang menargetkan meraih 20 persen suara pada Pemilu 2024.

Ia menilai target yang dicanangkan Airlangga Hartarto itu bukanlah hal yang mustahil.

“Saya melihat pernyataan 20 persen itu memang besar dan ambisius, tetapi bukan hal yang mustahil untuk didekati,” ujar Saidiman dikutip dari JPNN, Sabtu (24/10).

Menurut Saidiman, kondisi internal Golkar saat ini relatif solid, sehingga target tersebut bisa saja tercapai.

Selain itu, partai dengan lambang pohon beringin tersebut juga memiliki peran besar dalam berbagai kesuksesan pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Termasuk pemulihan ekonomi nasional dan penanggulangan Covid-19, di mana Pak Airlangga sendiri jadi ketuanya (KPCPEN, red),” papar Saidiman.

Tak hanya itu, Golkar juga memiliki peran besar dalam meloloskan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja.

“Jika Partai Golkar bisa konsisten tetap solid sampai akhir, dan  tetap terdepan mengawal program-progtam pemerintahan Jokowi yang populer dan diapresiasi, bukan mustahil angka 20 persen bisa didekati, meski juga tidak mudah,” ujar dia.

Meski demikian, Saidiman menyarankan agar Golkar tetap realistis dalam mengusung calon presiden atau capres dalam Pilpres 2024.

Menurut peneliti politik dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) itu, Golkar perlu berkoalisi dengan partai lain untuk menghadapi koalisi besar yang dipimpin Gerindra dan PDIP.

“Nasdem menjadi lebih mungkin berkoalisi dengan Golkar. Misalnya, Nasdem mendorong orang seperti Ridwan Kamil berpasangan dengan Airlangga, meski karakternya sama-sama teknorat,” ujar Sadiman.

(Genpi.co/Jpnn)

  • Bagikan