BNN Musnahkan 465 Kg Sabu, Golose: Zero Tolerance untuk Narkotika

  • Bagikan
Barang bukti narkotika yang diamankan BNN RI, sebagai komitmen pemberantasan narkotika di Republik Indonesia. foto istimewa

JAGOSATU.COM- Badan Narkotika Nasional kembali menggelar pemusnahan barang bukti ke-8 di Tahun 2021. Barang bukti yang dimusnahkan kurang lebih 465 kilo gram sabu 113.700 kilogram ganja dan 1001,7 gram MDMD -4en-PINACA (bahan baku tembakau gorila)

Barang bukti tersebut berasal dari 10 kasus narkotika yang berbeda.  Selain mengamankan barang bukti tersebut, petugas juga mengamankan tersangka sebanyak 30 orang. 

“Saya sebagai Kepala Badan Narkotika Republik Indonesia, saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh kementerian lembaga. Kenapa kita perlu bersama bersinergi untuk melakukan penanggulangan narkotika? Karena narkotika ini adalah musuh yang berkepanjangan, musuh yang harus kita berantas, musuh yang akan menciderai masa depan generasi bangsa kita,” ujar Kepala BNN RI Dr Petrus R Golose dalam keterangannya, baru-baru ini. 

Golose menegaskan, BNN sebagai leading institution tetap menunjukan komitmen dalam bidang penanggulangan narkotika. 

“Zero tolerance untuk narkotika. Dan ini saya minta kepada masing-masing mari sama-sama kita tetap war on drugs dan zero tolerance untuk narkotika,” tegas Golose. 

Adapun diketahui, sebagai leading institution dalam pemberantasan narkotika, BNN RI bekerja sama dengan Kementerian lembaga dalam upaya menekan laju peredaran gelap narkotika di Indonesia. Dengan melakukan operasi bersama yaitu kegiatan operasi laut interdiksi terpadu.  Dalam operasi tersebut, berhasil mengungkap dan menggagalkan peredaran narkotika jenis sabu seberat 105,903 kilo gram.  Atas  perbuatan tersebut, para tersangka dijerat dengan pasal 114 dan pasal 112 Undang-Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman mati atau penjara seumur hidup. 

Pemusnahan barang bukti oleh BNN RI kemudian   merupakan salah satu langkah yang diamanatkan oleh undang-undang. Dan kegiatan yang dilakukan oleh BNN telah menyelamatkan jutaan anak bangsa dari bahaya penyalahgunaan narkotika. 

(MP)

  • Bagikan