Surat Terbuka, Kepada Yth: Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana

  • Bagikan

JAGOSATU.COM-Saya menulis surat terbuka ini Kepada Bapak Irjen Pol Nana Sudjana, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara. Tentu ada alasan jelas.
Begini kisahnya. Pada Minggu 29 Agutus 2021, saya ditelepon saudara saya Ridwan Mokoagow. Ridwan yang tinggal di Komo Luar saya percayakan mengurus kendaraan saya jenis Kijang Innova warna silver keluaran tahun 2010.
Mobil itu diparkir di bengkel tempat ia bekerja sudah sejak Januari 2021. Mau diperbaiki. Karena beberapa komponen rusak parah. Meskipun bisa jalan, tapi berisiko jika dipaksakan. Berisiko terhadap keselamatan pengemudi dan penumpang, juga kendaraan lain pengguna jalan.


Biaya perbaikan sekira Rp20-an juta lebih. Karena belum punya dana, terpaksa dipending.
Sekian bulan tidak diapa-apain. Meski ditinggal di bengkel, saya tidak khawatir. Karena Ridwan yang bekerja di bengkel itu memang family saya. Semua saya serahkan penuh kepada Ridwan.


Sekira awal Agustus ia menelepon mengabarkan, jika memang belum punya dana perbaikan, sebaiknya dijual saja. Kata Ridwan, banyak peminat. Saya cuma tertawa kecil dan mengatakan, mana yang terbaik saja.
Tapi, saya ingatkan bahwa harus jujur. Katakan sebenar-benarnya bahwa mobil itu kosong. Artinya surat-suratnya sudah tidak ada. Hilang dicuri orang. Yang tersisa Surat Keterangan dari Kepolisian Resort Manado yang menjelaskan bahwa Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda kendaraan Bermotor (STNK) sudah hilang.

  • Bagikan