Turis Asing Mulai Tiba di Bandara Samrat,Prokes Ketat, Karantina di Pulau Bangka

  • Bagikan

JAGOSATU.COM – Pasca ditetapkannya oleh Presiden Joko Widodo, Bandara Sam Ratulangi Manado sebagai pintu masuk dari luar negeri bersama Bandara Soetta Jakarta, arus turis asing mulai tiba. Rabu (22/9) kemarin, sebanyak 3 turis dari Eropa landing bersama maskapai penerbangan Scoot Tigerair dari Singapura.
Selain mereka terdapat beberapa warga Indonesia yang menumpang penerbangan milik Singapore Airlines Group ini. Kedatangan mereka langsung disambut Kadis Pariwisata Sulut Henry Kaitjily, GM Angkasa Pura I Bandara Samrat Minggus Gandeguai, Ketua ASITA Sulut Merry Karouwan dan Dino Gobel Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata. Yang menarik, kunjungan itu secara khusus diliput media nasional. “Acara ini sekaligus menegaskan jika Bandara Sam Ratulangi telah siap melaksanakan keputusan pemerintah sebagai pintu masuk luar negeri dan ini kami perlihatkan melalui liputan media,” kata Kadispar Sulut Henry Kaitjily.

Untuk prosedur kesehatan di bandara, kata Henry, menjadi wajib. Sesuai aturan yang berlalu, turis yang masuk wajib sudah divaksin, melakukan tiga kali tes PCR. Pertama, saat akan takeoff dari negara asal. kedua saat landing di Bandara Samrat. Kemudian usai melakukan karantina 8 hari, mereka wajib tes PCR lagi. Di luar itu, prokes ketat melalui deteksi alat yang dilakukan pihak KKP Kesehatan Bandara selama di bandara wajib ditaati.
Sementara, ketiga turis tersebut setelah dinyatakan negative hasil tes PCR di bandara Samrat, langsung memilih Murex Resort di Pulau Bangka Minahasa Utara sebagai tempat mereka melakukan karantina mandiri. ”Pengawasan ketat protokol kesehatan berdasarkan aturan, itu wajib kami lakukan kepada siapa saja yang tiba di bandara, termasuk warga asing,” tegas Kepala KKP Bandara Samrat Yohanes Patari.

  • Bagikan